Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahas tentang : “Apakah Makanan yang Baik Bagi Penderita Kolesterol Tinggi?”.

Sobat sehat, siapa disini yang kolesterolnya tinggi? Biasanya yang usianya sudah di atas 30 plus-plus. Silhakan comment di bawah ini, apa yang biasanya anda makan jika kolesterol anda sedang tinggi. Atau apa yang biasa anda gunakan untuk mencegah kolesterol anda naik.

Kita tahu bahwa lipoprotein ini ada 2 jenis. Ada HDL dan ada LDL. Yang HDL disebut kolesterol baik, sedangkan LDL disebut kolesterol jahat. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa tonton video saya disini. Judulnya : “Apakah Kolesterol itu Berbahaya”.

Disini saya akan membahas dahulu sedikit tentang apa itu kolesterol.

Jadi, kolesterol ini sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh kita. Dibuat di hati, kemudian karena kolesterol ini berbentuk lemak, di dalam darah harus terikat dengan protein yang disebut lipoprotein.

Jadi, saya sudah jelaskan apa itu HDL, apa itu LDL, dan disana sudah lengkap penjelasannya tentang kolesterol. Disini saya ingin membahas tentang apa saja sih makanan yang tidak boleh dimakan, atau maksud saya dikurangi. Dan apa saja makanan yang harus anda makan atau makanan yang dianjurkan.

Kita bahas dulu makanan yang harus anda kurangi, terutama bagi para penderita kolesterol tinggi. Yang pertama adalah daging merah. Jadi maaf bagi anda pecinta daging, semua daging merah itu dapat menyebabkan kolesterol. Karena komposisi rasio protein dan lemak jenuhnya lebih tinggi dibandingkan daging ikan.

Daging merah disini di antaranya adalah daging sapi, kemudian daging kambing, dan juga daging babi. Apalagi anda mengolahnya dengan dibakar, atau digoreng ditambah dengan mentega. Wah.., rasanya enak. Tetapi, kolesterolnya juga tinggi.

Jadi selain daging merah, anda juga harus memperhatikan cara penyajiannya. Apakah digoreng, dibakar, dikukus atau direbus. Direbus jauh lebih baik dibandingkan dibakar atau digoreng. Apalagi menggunakan mentega dan minyak yang banyak. Namun untuk anda yang menderita kolesterol tinggi, sebaiknya anda kurangi dulu. Bagi anda yang normal, silahkan. Tetapi, anda harus mengontrol jumlahnya.

Kemudian ada yang bertanya. “Dok, apa yang harus saya makan supaya kolesterol saya bisa turun?”. Jangan minta turun cepat, tapi konsistenlah dengan makanan anda dan dengan olahraga anda. Yang pertama adalah lakukan olahraga.

Kemudian, perhatikan makanan anda. Makanan yang perlu anda konsumsi adalah sayuran hijau. Perbanyak sayuran hijau. Contohnya brokoli, kemudian sawi, bayam dan sebagainya yang tinggi akan serat. Kemudian, buah-buahan yang mengandung antioksidan. Dimana antioksidan ini bisa mencegah oksidasi dari lemak di dalam pembuluh darah yang menyebabkan plak atau aterosklerosis.

Kemudian ada lagi yang bertanya. “Dok, apakah jika saya menderita kolesterol, maka saya harus minum obat seumur hidup?”. Jawabannya adalah ‘tergantung’. Dan sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter anda. Karena setiap orang punya kolesterol yang berbeda-beda. Ada yang kolesterol saja, ada yang memmpunyai penyakit komplikasi. Contohnya seperti punya kolesterol, punya darah tinggi, punya diabetes, dan punya resiko penyakit jantung. Kalau seperti ini, anda harus konsumsi obat dan harus kontrol ke dokter.

“Tetapi kalau kolesterol saya cuma naik sedikit, dok. Apakah saya harus minum obat?”. Biasanya saya menyarankan pasien untuk berolahraga dulu. Melakukan aktivitas fisik. Kemudian, mengatur pola makan. Kalau bisa turun dengan 2 hal ini, sebenarnya anda tidak perlu minum obat.

Kemudian ada lagi yang bertanya. “Dok, saya takut minum obat. Apakah ada produk suplemen atau produk herbal yang bisa saya konsumsi untuk mengatasi kolesterol saya ini? Kolesterol saya ini sudah naik”. Untuk produk herbal atau produk suplemen, di negara-negara maju sudah berkembang produk untuk mengobati berbagai macam penyakit. Contohnya di negara China. Kemudian di negara Korea. Mereka menggunakan makanan, terutama makanan mentah untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk kolesterol.

Anda bisa lihat nanti. Di bagian akhir, akan saya berikan link’nya. Kemudian di Indonesia sendiri, sebenarnya produk bahan makanan yang bisa digunakan untuk membantu terapi kolesterol itu sudah banyak. Salah satunya adalah beras. “Bagian beras mananya dok, yang digunakan?”. Bagian kulit arinya. Jadi, beras yang kita makan sekarang sebenarnya sudah ‘dipoles’. Dulu saya sudah pernah bahas, “Mana yang lebih bagus, beras putih atau beras cokelat?”.

Beras cokelat ini masih mengandung kulit ari. Jadi, kulit ari ini masih mengandung serat yang tinggi. Kemudian mengandung vitamin B, mengandung mineral, dan ini semua baik untuk tubuh anda. Termasuk salah satunya dapat mengurangi kadar kolesterol. Namun, beberapa orang tidak menyukai beras yang demikian. Karena katanya, ‘Lambung saya sakit’. Ya, karena anda mengunyahnya terlalu cepat. Ada juga yang bilang baunya tidak enak dan sebagainya. Di Indonesia sendiri, sudah ada yang dikapsulkan. Jadi zak atif kulit arinya diambil, kemudian dikapsulkan.

Saya juga tidak akan membahasnya disini. Tunggu di bagian akhir. Lalu, ada juga yang bertanya seperti ini. “Dok, kepala saya pusing. Apakah kolesterol saya sedang tinggi?”. Sebenarnya penyebab kepala pusing bukan hanya kolesterol. Mungkin salah satu penyebabnya adalah kolesterol. Saran saya adalah cek lagi, cari tahu apa penyebabnya, atau sebaiknya anda langsung periksa ke dokter. Periksakan diri anda.

Pada beberapa orang, ketika kolesterolnya naik tinggi, mereka tidak merasakan apa-apa. Tetapi pada beberapa orang, kolesterolnya naik sedikit sudah ada gejala. Misalnya badan tidak enak, kepala pusing, leher kaku dan sebagainya.

Untuk anda yang mencari suplemen atau herbal lokal, untuk membantu menurunkan kolesterol, silahkan anda lihat link’nya disini. Klik disini.

Dan seperti biasa, jika anda suka dengan channel kesehatan seperti ini, silahkan klik like di bawah ini, comment dan subscribe. Sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!

Apakah Makanan yang Baik Bagi Penderita Kolesterol Tinggi?

Apakah Makanan yang Baik Bagi Penderita Kolesterol Tinggi?

Sobat sehat, siapa disini yang kolesterolnya tinggi? Biasanya yang usianya sudah di atas 30 plus-plus. Pada video kali ini, saya akan membahas tentang : “Apakah Makanan yang Baik Bagi Penderita Kolesterol Tinggi?”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here